Friday, December 23, 2016

Pengertian sistem operasi


Sistem operasi atau Operating system sering disingkat SO/OS adalah sebuah program (software) yang bertindak sebagai perantara antara pemakai komputer atau user dengan perangkat keras komputer. Peran atau fungsi OS yaitu sebagai jembatan seiap input yang dimasukan user ke dalam komputer. Beberapa tujuan adanya sistem operasi:

1. Tujuan umum: Menyediakan sebuah lingkungan atau kondisi agar pemakai atau user dapat mengeksekusi atau menjalankan suatu program

2. Tujuan primer/utama: Membuat sistem komputer nyaman

3. Tujuan sekunder: Agar penggunaan perangkat keras komputer menjadi efisien

Secara umum penggunaan sistem operasi dapat dilihat dari gambar berikut

Beberapa contoh sistem operasi yang saat ini banyak digunakan yaitu windows, linux, unix, android,macOS dan lain sebagainya.Setiap OS memiliki keunggulannya masing-masing seperti windows yang mudah digunakan atau linux yang merupakan OS open source. Dari beberapa OS yang ada, windowslah yang saat ini masih banyak digunakan sebagai OS komputer alasannya mungkin karena windows lebih populer daripada OS lain dan desain antarmuka windows yang lebih familiar daripada OS lain.

Dari Indonesia sendiri ada beberapa OS yang sudah dikembangkan seperti BlankON, IGOS Nusantara, Dewalinux, dan lain sebagainya. Pada artikel selanjutnya mungkin akan saya bahas bebrapa OS ASLI INDONESIA.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.